Sabtu, 29 Oktober 2016

Penyebab Mata Minus Pada Anak

Penyebab Mata Minus Pada Anak,- Jumlah anak-anak kecil yang memakai kaca mata minus di perkotaan karena menderita rabun jauh alias mata minus lebih banyak ditemukan di perkotaan dibandingkan di desa-desa. Selain karena faktor genetik, gaya hidup juga berpengaruh karena sejak kecil orang moderen di perkotaan lebih jarang keluar rumah.
  • Teknologi


Penyebab mata minus pada anak yang pertama adalah teknologi. Disadari atau tidak, perkembangan teknologi sering membawa berbagai dampak negatif. Kalau jaman saya kecil dulu, sering saya diperingatkan untuk tidak melihat televisi atau membaca buku sambil tiduran, karena bisa merusak mata. Saat ini, tidak hanya televisi yang harus diwaspadai. Tren handphone, bahkan smartphone atau BBM juga sudah menjangkiti anak usia sekolah. Dampaknya tidak saja pada semakin tingginya tingkat individualitas, bahaya situs porno, tapi juga radiasi sinar dari layarnya. Kebiasaan main game di HP juga harus diwaspadi, karena kecilnya layar menjadikan anak yg melihat akan sering memicingkan matanya, atau seringnya memainkan game tersebut membuat mata anak akan terpapar sinar secara kontinyu sehingga mata akan cepat lelah.
  • Faktor Keturunan

Menurut dokter, memang ada kecenderungan seperti yang menyatakan bahwa penyebab mata minus pada anak salah satunya adalah faktor keturunan, tapi jika dari awal ditangai dengan serius, tidak menutup kemungkinan anak dari orang tua yang berkaca mata, bisa hidup bebas tanpa kaca mata. Jadi faktor keturunan bukan faktor utama dan hal ini masih bisa untuk dihindari jika dilakukan penangan dari sejak dini.
  • Kebiasaan Buruk

Minusnya mata bukanlah akibat yang langsung terjadi dalam hitungan menit. Hal itu adalah hasil dari akumulasi “pemaksaan” pada fungsi mata secara standar. Dapat dikatakan bahwa kaca mata adalah salah satu “hadiah” dari sebuah kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk salah satu penyebab mata minus.
  • Hal Sepele Yang Diabaikan

Beberapa hal kecil yang sepertinya remeh juga bisa menjadi penyebab mata minus, misalnya penerangan atau lampu yg kurang memadai, kurangnya asupan vitamin A, atau terlalu sering berada di lingkungan yg berdebu.

Terlalu banyak menonton televisi, bermain video game, menatap layar komputer ataupun kegiatan sejenisnya juga merupakan penyebab terjadinya miopi. Sebuah penelitian mengungkap bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu diluar ruangan tanpa pengaruh radiasi mempunyai mata yang cenderung sehat daripada anak-anak yang menghabiskan waktunya didalam ruangan dengan radiasi sinar elektronik tersebut.
  • Terlalu sering bercermin pada layar televisi maupun komputer.

Penyebab mata minus pada anak lainnya adalah terlalu sering bercermin pada layar televisi maupun komputer. Maksudnya jika anda berada terlalu banyak menatap dan menonton televisi maupun komputer yang mempunyai sinar radiasi tinggi dapat memicu penyebab mata minus, karena saat mata kita memelototi layar televisi maupun komputer, mata kita akan berkedip lebih sedikit dari pada saat kita tidak memelototi layar radiasi tersebut.Maka, mengakibatkan selaput mata kita menjadi cepat kering, dan retina bekerja tidak normal, yaa akibatnya mata menjadi cepat minus atau plus. Minus biasanya di derita pada anak-anak sampai dewasa, dan plus biasanya di derita oleh orang tua, meskipun tidak menutup kemungkinan bisa sebaliknya.

1 komentar: